Bupati Masnah Serahkan Sertifikat Tanah DI Sungai Gelam

Daerah6 Dilihat

Muarojambi,- Bupati Muarojambi, Hj.Masnah Busyro, S.E, serahkan 683 sertifikat tanah kepada masyarakat dua desa di Sungai Gelam. Yakni Desa Kebon IX, dan Desa Mekar Jaya di siangnya, pada Kamis pagi (21/1)

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolres Muarojambi, Dandim, Kepala BPN Muarojambi, Camat Sungai Gelam, Kapolsek Sungai Gelam, Ketua MUI Sungai Gelam, Lembaga Adat, Kades se-Sungai Gelam, serta masyarakat penerima sertipikat tanah, dan undangan lainnya

Kepala BPN Muaroambi, Suharna, dalam kata sambutannya mengatakan, sertifikat tanah sangat penting sebagai dasar bukti kepemilikan tanah yang sah, memberikan kepastian hukum kepemilikan hak atas tanah, dan mengurangi sengketa yang terjadi. Terlebih dua desa ini adalah desa penyangga yang berbatasan langsung dengan Kota Jambi yang dimungkinkan bisa terjadi sengketa.

“Dua desa di Sungai Gelam ini adalah desa yang berbatasan langsung dengan Kota Jambi, dan juga wilayah penyangga Kota Jambi. Sehingga semua pengembangan mengarah ke Desa Kebon IX dan Mekar Jaya, serta Desa-desa lain di sekitarnya. Dengan kondisi itu, pertumbuhan permukiman sangat pesat dan dimungkinkan akan terjadi konflik sengketa apabila tidak tersertifikat. Untuk itu sangat penting sekali Program PTSL ini sebagai kepastian hukum atas kepemilikan tanah, dan mengurangi sengketa yang dimungkinkan bisa saja terjadi”, ungkapnya.

Lebihlanjut, Bupati Masnah mengucap syukur atas prestasi Kabupaten Muarojambi yang mendapat kuota terbanyak. Dirinya juga berharap, ke depan masyarakat Muarojambi semakin banyak yang mendaftarkan tanahnya untuk disertifikat.

“Alhamdulillah, Muarojambi dari tahun ke tahun kuotanya bertambah. Tapi memang agak lambat, karena sertifikat itu banyak yang diajukan masyarakat, tapi tenaga pengukurnya terbatas. Kebon IX mengajukan seribu sertifikat, namun yang baru bisa diberikan sebanyak lima ratus. Untuk Mekar Jaya sebelumnya sudah diberikan 412 sertipikat, pada kegiatan hari ini di berikan lagi sebanyak 271. Mudah-mudahan dengan adanya Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ini, masyarakat Muarojambi semakin banyak yang memiliki sertipikat”, pungkasnya.(aq/ADV)

Baca Juga:  PKK Peduli Covid-19, Sasaran Lansia dan Janda Tua

Komentar