Empat kali WTP Bupati “Warning” OPD di Kab.Tanjab Barat Jangan Terlena

Tanjab Barat10 views

KUALA TUNGKAL – Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) adalah opini audit yang dikeluarkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait pengelolaan anggaran suatu kementerian/lembaga pemerintah (K/L). WTP sangatlah penting bagi suatu K/L karena Opini tersebut merupakan citra positif yang menunjukkan bahwa roda pemerintahan telah dikelola secara akuntabel dan bisa menjadi tanda suatu K/L terbebas dari Korupsi.

 

Tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjung Jabung Barat kembali mendapat opini WTP dari Menteri Keuangan RI melalui Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jambi atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2021, Kamis (17/11/2022).

 

Predikat WTP ini untuk ke-4 kalinya secara berturut-turut diterima Pemkab Tanjab Barat sejak Tahun 2018.

 

Maka dari itu Bupati Tanjab Barat, Drs.H.Anwar Sadat, M.Ag “me-warning” Kepala OPD jangan “terlena”. Prestasi ini adalah tantangan cukup berat, ujar Bupati usai menerima penghargaan.

 

Masih kata Bupati, tantangan dan dinamika dalam pengelolaan keuangan daerah akan semakin berat, dan kita harus senantiasa siap dan mampu menyesuaikan diri dengan perubahan – perubahan dan ketentuan yang ada, sehingga tahun selanjutnya kita masih bisa mempertahankan opini WTP untuk Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

 

“Ingat, pencapaian Opini WTP ini, jangan membuat kita semua puas dan terlena, tapi jadikan cambuk lebih meningkatkan kwalitas kinerja para OPD”, imbau Bupati.

 

Diakui Bupati, WTP memang merupakan salah satu prestasi yang cukup membanggakan, namun merupakan tantangan bagi Pemerintah Daerah, dalam hal ini OPD untuk terus meningkatkan kerjasama dan bekerja lebih keras, dengan selalu berpedoman pada ketentuan -ketentuan yang ada.

 

Selain itu Bupati juga mengingatkan kepada OPD untuk segera melakukan langkah langkah percepatan terkait penyerapan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Desa Tahun 2022 yang belum maksimal,”kata Bupati.

Baca Juga:  Bupati Tanjabbar Buka Secara Resmi Forum Konsultasi Publik RKPD

 

Sementara Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jambi, Supendi memberikan apresiasi atas predikat opini WTP yang di raih oleh pemerintah daerah Tanjabbarat.

 

“Selamat dan sukses buat pemerintah Kabupaten Tanjabbarat,”ucapnya.

 

Kegiatan Penyerahan penghargaan WTP yang juga sekaligus penandatangan MOU ini dilaksanakan di Rumah Dinas Bupati, dan turut dihadiri Ketua DPRD, Sekretaris Daerah, Asisten, Staf Ahli dan Kepala OPD di Kab Tanjab Barat. (TJ)

Komentar