Puluhan Rumah Warga di Dusun Bedaro Kabupaten Bungo Terendam Banjir

Bungo248 views

TOPIK BUNGO – Hujan deras mengguyur sejak tengah malam mengakibatkan air Sungai Batang Mampun, Dusun Bedaro, Kecamatan Muko Bathin IV meluap dan membanjiri kampung hingga setinggi pinggang.

Di tengah pandemi Covid-19 di Indonesia, intensitas hujan yang cukup deras dalam beberapa hari terakhir mengakibatkan air meluap dan mengakibatkan puluhan rumah warga di Dusun Bedaro, Kabupaten Bungo Jambi .

Berdasarkan informasi yang dihimpun topikjambi.id peristiwa terjadi sekitar pukul 5.00 WIB.

Akibatnya hingga tengah hari, air sungai terus meluap dan membanjiri perkampungan warga hingga batas pinggang. Bahkan pemukiman yang berada di tepi sungai dan dekat jembatan tersebut telah mencapai dada orang dewasa.

Kepada Tribunjambi.com, Ulfa, satu di antara warga menyampaikan ketinggian air merendam dusun sekitar pinggang orang dewasa. Sehingga membuat warga kesulitan untuk beraktivitas.

“Air naik mulai pagi tadi. Saat ini air sebatas pinggang,” ungkapnya, Jumat (10/4/2020) siang.

Sementara itu, Fauzi, warga lainnya mengungkapkan bahwa meluapnya air Sungai Batang Mampun itu diperkirakan mulai dini hari dan hingga tengah hari terus mengalami kenaikan.

Akibatnya, aktivitas warga menuju ke lokasi Pasar Dusun Bedaro sangat terganggu.

“Kebetulan nian hari iko hari pasar Jumat. Karena air terus naik. Membuat warga menyulitkan menempuh jalan ke lokasi pasar, untuk berbelanja,” ujarnya.

 Besar harapan warga agar kondisi banjir ini segera berakhir. Sehingga aktivitas warga berjalan normal kembali.

“Kita harapkan ada segera bantuan dari pemerintah karena warga saat ini sulit untuk memasak, alat dapur terendam” harapnya.

Rio Dusun (kepala desa) Bedaro, M Thohirin mengatakan pemerintahan dusun bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa Dusun bedaro tengah membantu menyelamatkan barang-barang warga yang rumahnya terkena banjir.

“Kita (pemerintah dusun) bersama warga, Babinsa dan Bhabinkamtibmas sedang menyelamatkan warga dan barang berharga,” ujarnya.

Baca Juga:  Genjot Sektor Perkebunan, HAMAS-APRI Sudah Bantu 112.000 Bibit Sawit

Rio itu menyampaikan ada beberapa dusun di Kecamatan Muko-muko Bathin VII yang rentan banjir.

“Daerah yang menjadi langganan banjir yaitu dusun Bedaro Ilir, Bedaro Ulu, Bedaro Seberang dan Kampung Panti,” tandasnya.(Tj)

Komentar