Bupati Tebo Sampaikan Tiga Pembahasan Utama pada Rakor dengan Pjs. Gubernur Jambi

Tebo220 views

topikjambi.id,- Pendopo Rumah Dinas Bupati- Jum’at (09/10/2020), Tiga pembahasan yang disampaikan oleh Bupati Tebo, Dr. H. Sukandar, S. Kom., M. Si., yakni penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik, pencegahan dan perkembangan kasus Covid-19, serta kesiapan dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2020

Berikut tiga pembahasan yang disampaikan Bupati Sukandar dalam rakor yang diselenggarakan secara virtual tersebut :

1. Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pelayanan Publik

Mengenai penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik, Bupati Sukandar menyampaikan kondisi Kamtibmas terkait pengesahan UU Cipta Kerja. Bupati Sukandar menegaskan bahwa Kabupaten Tebo aman dan nihil demo.

“Dapat kami sampaikan terkait Kamtibmas di Kabupaten Tebo bahwa dari tingkat kabupaten, kecamatan sampai ke desa dan kelurahan kondisi aman terkendali, nihil demo menyusul pengesahan UU Cipta Kerja” tegas beliau.

Selanjutnya, Bupati menjelaskan Pelaksanaan APBD 2020 yang sudah diserap 52 %, dan perubahannya telah ketok palu dan sedang dilakukan evaluasi di tingkat DPRD Provinsi. Untuk rancangan APBD akan disampaikan pada 12 Oktober nanti.

Kemudian Bupati juga menyampaikan optimalisasi DD dan ADD. Dimana DD telah terserap 77, 25 % dan ADD 60% yang keduanya akan terus dilakukan monev pada pelaksanaannya.

Terakhir untuk pembahasan pertama ini adalah antisipasi hidrometeorologi. Menurut Bupati, ada pergeseran potensi bencana pada tahun 2020 ini. Pergeseran tersebut dari bencana karhutla ke potensi bencana banjir. Hal tersebut dikarenakan potensi curah hujan dan posisi Kabupaten Tebo yang rentan.

2. Pencegahan Covid-19

Selanjutnya selain disampaikannya pula kondisi terkait kasus Covid-19 di Kabupaten Tebo, Bupati juga menjelaskan strategi pemulihan sebagai dampak dari pandemi dengan menyisir kelompok yang belum tersentuh bantuan.

3. Persiapan Pilkada Serentak

Kemudian laporan mengenai Persiapan Pilkada, Bupati Sukandar menjelaskan bahwa Pemerintah telah melakukan integrasi dengan pihak terkait dengan menciptakan kerja sama dalam antisipasi dan penegakan protokol kesehatan selama proses pilkada berlangsung.

Baca Juga:  Bupati Tebo Sukandar Audiensi dengan Menpora

“Melalui Dinkes, Kesbangpol dan RSUD telah menandatangani MoU untuk protokol kesehatan kepada tenaga penyelenggara Pilakda dalam hal ini KPU dan Bawaslu. Selain itu kita akan mobilisasi untuk pendistribusian logistik” jelasnya.

Terkait Kamtibmas, Pjs. Gubernur Jambi, Ir. Restuardy Daud, M. Sc. menghimbau kepala daerah untuk menampung aspirasi masyarakat terkait dengan adanya kritik terhadap pengesahan UU Cipta Kerja.

Namun disamping itu, Restuardy juga mengatakan bahwa masyarakat harus diberikan pemahaman yang benar mengenai UU tersebut ataupun cara penyampaian kritik yang benar.

Mendampingi Bupati Sukandar, Wakil Bupati Syahlan SH, Sekda Drs. Teguh Arhadi, MM., Asisten l Amsiridin SP, Kasatpol-PP, Kakan Kesbangpol, Kepala RSUD STS, Kepala BPBD Perwakilan Bagian Pemerintahan, dan Perwakilan Dinkes.

Rakor diikuti seluruh Bupati/ Walikota dan perwakilan se- Provinsi Jambi.(Tj)

Komentar