Bupati Bungo Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Bungo27 views

MUARA BUNGO, Bupati Bungo H. Mashuri, SP, ME pimpin upacara memperingati hari Sumpah Pemuda yang dilaksanakan di Lapangan Kantor Bupati Bungo Jumat (28/10/2022)

 

Tampak hadir pada upacara ini, selain Bupati juga ada Wakil Bupati Bungo H. Safrudin Dwi Apriyanto, S. Pd, Asisten, Staf Ahli, para Kepala OPD, Kabag, Kabid dan ASN di lingkup Pemkab Bungo, Pimpinan Badan/Kepala Dinas Vertikal, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, perwakilan siswa dan juga undangan lainnya.

 

Dalam sambutannya Bupati Bungo H Mashuri selaku Inspektur Upacara (Irup) menyampaikan syukur Alhamdulillah karena pada pagi hari yang cerah ini bisa bersama-sama dapat hadir pada peringatan hari bersejarah bangsa kita yakni Hari Sumpah Pemuda dalam keadaan sehat wal’afiat dan penuh semangat.

 

“Alhamdulillah karena pada pagi hari yang cerah ini kita bisa bersama-sama dapat hadir memperingati hari bersejarah bangsa kita yakni Hari Sumpah Pemuda dalam keadaan sehat wal’afiat dan penuh semangat,” kata Mashuri.

 

Pada kesempatan ini saya akan membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022.

 

Hari ini tanggal 28 Oktober 2022 kita bersama-sama memperingati hari Sumpah Pemuda ke-94 dengan tema bersatu bangun bangsa peringatan Hari Sumpah Pemuda ini adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk merenungkan sebagai pembelajaran bagaimana semangat nasionalisme pemuda.

 

Dalam pergerakan kebangsaan sumpah pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial suku agama ras dan kultur berbagai kepentingan menjadi kekuatan bukan melemahkan sejarah telah membuktikan bahwa pemuda pada saat itu telah menjadi tonggak menuju kemerdekaan peran pemuda dalam mempelopori visi kebangsaan dengan sumpah pemuda 1928 yang diikuti dengan pergerakan-pergerakannya yang telah mengantarkan Bangsa Indonesia memproklamirkan kemerdekaan.

Baca Juga:  Bocah Tenggelam di Sungai Batang Tebo, Ditemukan Meninggal

 

 

Peran pemuda ini telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa saudara-saudara sekalian peringati Hari sumpah pemuda memiliki arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia oleh karenanya tema peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 ini adalah bersatu bangun bangsa tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan persatuan menjadi kekuatan untuk membangun peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

 

Inilah yang menjadi tekad kita untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan mewujudkan cita-cita bangsa semangat untuk selalu bersungguh-sungguh membangun Indonesia yang merdeka berdaulat bersatu adil dan makmur secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis harus terus ditanamkan hadirin sekalian pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang apa yang dilakukan oleh pemuda saat ini akan menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

 

Mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan di atas segala-galanya memang keberagaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan yang luar biasa pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia emas 2045 tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa.

 

“Saudara-saudara sekalian yang saya hormati ketangguhan bangsa juga diciptakan melalui pembentukan karakter mulia dan pengembangan kompetensi dalam yang tidak ringan kita patut bersyukur telah banyak capaian prestasi para pemuda di berbagai bidang yang membanggakan baik pada level nasional maupun internasional hal ini menjadi modal untuk membangun keunggulan Indonesia di masa yang akan datang,” tutup Mashuri. (Tj)

Komentar