SUMBER AIR DEKAT, EKONOMI WARGA MENINGKAT, BERKAT TMMD KE-117 TAHUN 2023 KODIM 0416/BUTE

Bungo186 views

TOPIK BUNGO,- Desa Talang Silungko merupakan salah satu Desa yang berbatasan langsung dangan Prov Sumatera Barat. Desa ini juga memiliki ketertinggalan ekonomi dibandingkan dengan Desa lainnya di Kabupaten Bungo. Hal ini terbukti masih ditemukannya masyarakat yang kesulitan mendistribusikan hasil perkebunannya ke jalan utama, selain itu permasalahan sumber air bersih juga masih terjadi di Desa ini, masih ada rumah warga yang tidak layak huni dan fasilitas umum yang tidak memadai.

Hadirnya para Prajurit TNI-Polri melalui program TMMD Ke-117 Kodim 0416/Bute membuat masyarakat merasa sangat terbantu dalam mengatasi beberapa masalah yang selama ini menjadi kendala bagi mereka, terutama masalah infrastruktur dan sarana lainnya.

Pada tanggal 12 Juli 2023 awal mimpi masyakata Desa Talang Silungko menjadi kenyataan dengan resminya dibuka program program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-117 TA 2023 Kodim 0416/Bute yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati Bungo H. Safrudin Dwi Apriyanto, S.Pd M.M, menjawab semua harapan masyarakat Desa Talang Silungko Kecamatan Bathin II Pelayang Kabupaten Bungo.

Dengan tema “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggal TNI-Rakyat Semakin Kuat”, Kodim 0416/Bute menyelenggarakan TMMD dan terus berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan, terutama yang hidupnya di kawasan terpinggir, terpelosok dan terbelakang (3T), seperti pelaksanaan TMMD Ke-117 TA 2023 ini.

Sorot mata lalu terfokus kepada keseharian Siswa/i SD Negeri 57/II Talang Silungko, dengan membawa jerigen 5 liter mereka harus turun naik tangga sebanyak 68 anak tangga dengan jarak kurang lebih 500 m ke guntung atau mata air untuk mendapatkan air bersih yang digunakan untuk keperluan mencuci tangan, mengepel sekolah serta keperluan berwudhu untuk sholat.

Kesulitan Terjawab, dengan Kehadiran TMMD Ke-117

Selanjutnya TNI-Polri, Pemda dan masyarakat, melalui Program TMMD ke-117 kemudian membangun tandon air bersih dan penggalian sumur sedalam 15 meter yang selama ini sangat dinantikan oleh Siswa SD Negeri 57/II Talang Silungko dan masyarakat setempat.

Kodim 0416/Bute mencoba membangun tandon air bersih guna mengatasi kesulitan air yang dialami oleh Siswa SD Negeri 57/II Talang Silungko Kecamatan Bathin II Pelayang Kabupaten Bungo.

Kepala Sekolah SD Negeri 57/II Talang Silungko Warsiti, S.Pd mengaku, sejak tahun 2005 selama 18 tahun kami dan anak-anak mengambil air untuk keperluan di sekolah harus naik turun tangga sebanyak 68 anak tangga, terkadang kami para guru membawa air dari rumah, terkadang kami kasihan melihat anak-anak harus naik turun tangga hanya untuk mendapatkan air bersih.

“Alhamdulillah, dengan adanya TMMD ke-117 di Desa kami, yang salah satu programnya adalah membangun tandon air bersih di sekolah kami, kini kami dan anak-anak tidak capek lagi naik turun tangga untuk mendapatkan air, terima kasih TNI serta pihak lain yang telah mewujudkan harapan kami untuk mendapatkan air bersih,” kata Warsiti.

Baca Juga:  Pemkab Bungo Peringati Harkopnas ke-75

Salah satu sisiwi SD Negeri 57/II Talang Silungko Aura murid kelas 6 itu mengatakan saya dan kawan-kawan sangat senang dengan adanya TMMD ini, sekolah kami menjadi bagus karena sudah direhab dan kami tidak capek lagi naik turun tangga pak untuk mengambil air karena bapak TNI sudah bangunkan kami air bersih dekat sekolah kami, dan berjanji kami akan lebih giat lagi belajar pak’’, ujarnya.

Datuk Rio atau Kepala Desa Talang Silungko Zulkarnain AK menjelaskan, program TMMD Ke-117 TA 2023 tentu sangat berguna secara langsung bagi masyarakatnya, terutama yang hidup di wilayah terpencil. “Seperti pembangunan tandon air bersih yang memang selama ini sangat dibutuhkan oleh anak-anak SD Negeri 57/II Talang Silungko, keberadaannya jelas sangat membantu bagi Siswa/i dan warga sekitanya, selain itu terbukanya akses jalan penduduk, ini tentu sangat ditunggu oleh masyarakat,” ucapnya.

Angkat Perekonomi Masyarakat

Pembukaan akses jalan, yang dilakukan Satgas TMMD Ke-117 Kodim 0416/Bute, akan meningkatkan perekonomian masyarakat di dua Desa yakni Desa Talang Silungko dan Desa Seberang Jaya, yang jadi lokasi TMMD. Akses jalan jadi lancar, dengan demikian perekonomian warga setempat semakin berkembang.

Gambar 4 Dansatgas TMMD ke-117 Kodim 0416/Bute meninjau Pembuatan Jembatan penghubung antara Desa Talang Silungko dengan Desa Seberang Jaya
“TMMD Ke-117 Kodim 0416/Bute, selain meningkatkan mutu perekonomian masyarakat, khususnya di daerah sasaran, juga dapat menjadi pemersatu antara TNI dan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Dansatgas TMMD Ke-117 Kodim 0416/Bute Letkol Inf Evid Nirwan Edward, S.H., M.Si.

Kerja sama antara TNI dengan masyarakat di daerah sasaran TMMD Ke-117 Tahun 2023 Kodim 0416/Bute, juga mengubah perbukitan dan lumpur menjadi jalan untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

“Karena, selain membuka akses jalan dan meningkatkan mutu jalan, prajurit TNI juga bekerja sama dengan pemerintah untuk memberikan berbagai pelayanan kepada masyarakat baik dibidang pertanian, pendidikan, kesehatan dan berbagai pelayanan lainnya yang berguna bagi masyarakat,” paparnya.

Letkol Inf Evid Nirwan Edward, yang juga merupakan Dandim 0416/Bute menyatakan, bahwa Lokasi TMMD di Desa Talang Silungko, Kecamatan Bathin II Pelayang, Kabupaten Bungo, menjadi wadah kemanunggalan prajurit TNI bersama masyarakat.

“Bukan saja membuka akses jalan, ini akan berguna untuk masyarakat pengguna jalan. Tentu saja dampak dari pembukaan jalan tersebut bukan hanya menjadi urat nadi perekonomian warga untuk berkebun saja, Namun menjadi cikal bakal majunya dua Desa yang selama ini masih jalan di tempat,” ujar Dansatgas TMMD Ke-117 Kodim 0416/Bute.

Baca Juga:  Nyatakan Sikap, Tokoh Limbur Siap Menangkan HAMAS-APRI

Lanjutnya, selain perbukitan kita juga menjadikan yang selama ini lumpur ataupun genangan air menjadi jalan yang berguna. “Dengan harapan, setelah selesai pembukaan jalan perekonomian masyarakat akan dapat terus meningkat sehingga pemerataan pembangunan tersebut dapat tercapai dengan baik,” papar Letkol Inf Evid Nirwan.

Adanya kerja sama antara Satgas TMMD Ke-117 Kodim 0416/Bute, dalam membuka dan memperbaiki jalan, maka diharapkan bisa mendapat hasil yang memuaskan. Pembukaan dan memperbaiki jalan yang ditargetkan sepanjang 5.000 meter dengan lebar 10 meter, target utama TMMD ke-117 yang telah dibuka pada Rabu 12 Juli 2023.

Tokoh Pemuda Talang Silungko Apresiasi TNI

Tokoh pemuda Desa Talang Silungko, Kecamatan Bathin II Pelayang, Hendrik mengaku senang dengan dilaksanakannya TMMD Ke-117 Kodim 0416/Bute. Ia berharap, kedepannya Desa Talang Silungko, bisa lebih maju.

“Adanya pembukaan akses jalan yang semakin lancar, kami bersama warga, siap membantu untuk kelancaran selama pelaksanaan TMMD ini,” kata Hendrik.

Dengan akses jalan yang layak, lanjut Hendrik, tentunya akan menjadikan mobilitas dan transportasi masyarakat semakin mudah. Dengan sendiri, semua aktivitas sehari-hari, juga semakin berkembang. Terutama dalam mengarahkan berbagai macam potensi desa yang ada.

“Terima kasih atas pengabdian pada masyarakat di wilayah tertinggal seperti kami ini. Semoga program TMMD Ke-117 Kodim 0416/Bute, bisa berjalan dengan baik dan mendapatkan hasil yang bisa dinikmati masyarakat,” paparnya.

Satgas TMMD Ke-117 Kodim 0416/Bute, yang diwakili Babinsa Desa Talang Silungko, Sertu Rustam, di sela-sela kesibukan mengawasi pengerjaan akses pembukaan jalan di Desa Talang Silungko memberikan sosialisasi dan penjelasan tentang pentingnya dibuka akses jalan sehingga nantinya bisa memperlancar bagi masyarakat yang akan menggunakan jalan, distribusi kebutuhan barang bisa menjadi lancar.

“Di samping itu, hasil bumi baik pertanian dan perkebunan, bisa langsung dibawa pulang atau dijual keluar daerah. Sehingga kebutuhan ekonomi masyarakat bisa tercapai dan tercukupi,” ujar Sertu Rustam.

Sasar Penanganan Stunting

TMMD Ke-117 Desa Talang Silungko Kecamatan Bathin II Pelayang tidak hanya menyasar pembangunan fisik. Pemberdayaan masyarakat, khususnya penanganan stunting menjadi perhatian. Satgas TMMD bekerjasama dengan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KB dan P3A) dan Dinas Kesehatan Bungo mengelar bakti sosial pelayanan kesehatan umum di lokasi TMMD Ke-117 di Desa Talang Silungko, Kecamatan Bathin II Pelayang. Diantaranya penyuluhan stunting, penyuluhan posyandu, penyuluhan posbindu PTM, sunatan masal dan pemeriksaan kesehatan umum.

Dansatgas TMMD Ke-117 tahun 2023 Kodim 0416/Bute, Letkol Inf Evid Nirwan Edward, S.H., M.Si menyebut bakti sosial layanan kesehatan umum, sunatan masal, pemberian tambahan gizi anak stunting dan KB dilakukan secara bersamaan.

“Selain melakukan pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat Desa Talang Silungko diadakan juga pemberian bantuan untuk anak stunting sebanyak 200 paket. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian dan perhatian satgas TMMD terhadap anak stunting. Ini merupakan implementasi dari tujuh perintah harian Kasad. Dimana TNI harus hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat dan menjadi solusi untuk  mencari penyelesaian,” terang Letkol Inf Evid Nirwan.

Baca Juga:  KONI Kabupaten Bungo Salurkan Bantuan Peduli Covid-19 ke 560 Atlet

Kepala Dinas Sosial DP2KB dan P3A Bungo, Dra. Novalia Eka Putri mengatakan pihaknya turut andil dalam kegiatan TMMD khususnya kegiatan nonfisik. Pihaknya memberikan sosialisasi penyuluhan KB serta penanganan stunting.

Selain Dinas Sosial P2KB dan P3A juga melibatkan Dinas Kesehatan (Dinkes) guna melakukan upaya penurunan stunting, termasuk peningkatan gizi.

Selain dengan Dinas Sosial P2KB dan P3A Satgas TMMD Ke-117 Kodim 0416/Bute juga bekerjasama dengan Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Bungo untuk memberikan penyuluhan terkait pertanian.

“Penyuluhan ini merupakan sasaran program non fisik TMMD Ke-117 Kodim 0416/Bute dalam rangka mendukung peningkatan perekonomian masyarakat melalui pertanian,” Kata Pasiter Kodim 0416/Bute Kapten Inf Dofi Saputra.

Ia menambahkan, sosialisasi ini dirasa sangat tepat mengingat mayoritas warga desa Talang Silungko ini berprofesi sebagai petani karet dan sawit sehingga sektor pertanian ini sangat dominan untuk menopang ekonomi warga, Kata Kapten Inf Dofi.

 

Dampak Positif dari Program TMMD

1. Pembukaan Jalan Sepanjang 5.000 meter dan lebar 10 meter yang menghubungkan Desa Talang Silungko dengan Desa Seberang Jaya memberikan banyak manfaat untuk warga, terutama petani. Setelah jalan itu jadi, petani dengan mudah mengakses lahan perkebunan dan membawa hasil panen dengan kendaraan bermotor maupun menggunakan mobil. Hal tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan warga dan bisa meningkatkan perekonomian.

2. Pembangunan RTLH, penerima manfaat merupakan pasangan Edi Candra dan Ernawati yang sudah hampir 10 tahun hidup di rumah yang tidak layak huni. Diharapkan dengan bantuan rumah tersebut, pasangan ini bisa menikmati rumah yang layak dan bisa meningkatkan taraf hidup yang normal.

3. Rehab MCK mushola Ar-Rahman menambah semangat dan kekhusukan warga yang melaksanakan sholat di mushola Ar-Rahman Kampung Sungai Kerang.

4. Penyuluhan Hukum dan Kamtibmas ini bertujuan untuk memberikan gambaran proses hukum kapada masyarakat di Desa Talang Silungko, sekaligus menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mentaati dan mematuhi setiap proses hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia.

5. Penyuluhan pertanian, tentang cara pengendalian penyakit pada tanaman, penggunaan pupuk organik dan anorganik serta teori tentang cara beternak yang baik dan benar. “Karena selain perkebunan, masyarakat Desa Talang Silungko juga beternak sehingga mampu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

6. Pelayanan kesehatan dan KB serta antisipasi stunting, warga dapat mengetahui masalah penanganan kesehatan (Tj)

Komentar