Dusun Candi Naik Status Dari Swakarya Menjadi Swasembada

Bungo31 Dilihat

TOPIK BUNGO, – Berkat kerja keras perangkat dusun Candi dalam menggenjot data Profil Desa dan Kelurahan (Prodeskel) status dusun Candi yang sebelumnya Swakarya kini naik menjadi desa Swasembada.

Hal ini bedasarkan update terkahir di situs http://prodeskel.binapemdes.kemendagri.go.id, pada Senin dini hari (07-09-2020).

Kasi Administari Dusun dan Penataan Wilayah Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Kabupaten Bungo, Yunita Ramadani, STP saat dikonfirmasi media ini membenarkan hal tersebut Dikatakannya, guna peningkatan status desa dan kelurahan maka setiap desa di seluruh indonesia untuk melengkapi seluruh data-data desa yang berkaitan dengan Prodeskel.

“Candi adalah salah satu Dusun di Kabupaten Bungo yang tengah gencar melengkapi data Prodeskel, dan Alhamdulillah Dusun Candi saat ini sudah naik status dari Swakarya menjadi Swasembada” ujar Yunita.

Ditambhkan Yunita, hal tersebut tak terlepas dari kerja keras seluruh jajaran aparatur pemerintah dusun setempat. Untuk itu dirinya juga berharap agar desa desa lain yang belum melengkapi data-data Prodeskel agar segera menggenjot Prodeskel tersebut.

“Dengan naiknya setatus itu, yang sebelumnya Swakarya menjadi Swasembada Diharapkan Agar Dusun Candi Lebih Maju dan Berkualitas dengan Menyandang Status Dusun Maju” imbuh Yunita.

Sementara itu, Kaur Keuangan Dusun Candi Irwan Sudirwan mengucapkan terimakasih kepada pembimbing yang telah membantu Oprator untuk menjadikan Dusun Candi Menjadi Dusun Swasembada Dengan Meningkatnya Status Dusun Ini agar Menimbulkan Semanggat Rekan-rekan Dalam Menjalankan Roda Pemerintahan yang lebih Baik dan Menjadi Dusun Maju.

Ditambahkan Irwan, dalam pengisian data Prodeskel tersebut tak terlepas dari peran para Kepala Kampung yang terjun langsung kelapangan dalam melakukan pengumpulan data, yang selanjut diinput oleh operator melalui aplikasi online Prodeskel.

“Semoga dengan kenaikan status dusun yang kini telah menjadi desa Swasembada, menjadi motivator bagi seluruh jajaran perangkat desa dalam menjalankan roda pemerintahan dibawah komando datuk RIO” ujar Irwan.

Baca Juga:  Sosialisasi PTSL di Dusun Teluk Pandak Sukses

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Kampung Ulak Jaya, Andriyanto, S.IP. Menurutnya kenaikan status desa candi yang kini menjadi desa Swasembada merupakan merupakan tren positif terhadap Indeks Desa Membangun (IDM) di Dusun Candi. Hal tersebut sesuai dengan fakta di lapangan yang diperoleh melalui pendataan langsung mengenai profil desa.

Dijelaskan Andri, ada beberapa indikator yang menjadi acuan terhadap pemetaan IDM tersebut. Diantaranya adalah ketahanan sosial, ketahanan ekonomi dan ketahanan lingkungan.

Untuk itu menurutnya dalam memajukan dusun tidak hanya dituntut dari kinerja pemerintah dusun, namun juga diharapkan peran aktif dan sinergitas seluruh lapisan masyarakat dalam mewujudkan pembangunan.

“Pengisian Prodeskel ini dilakukan setiap tahun. Untuk itu kedepan kita perlu mempertahankan status dusun kita yang sudah naik menjadi desa Swasembada ini agar tidak turun lagi” imbuh Andri. (Tj)

Komentar