BPBD Sosialisasikan Penerapan New Normal

MUAROJAMBI – Pasar tradisional Sengeti menjadi salah satu tujuan sosialisasi penerapan new normal di Muarojambi. Keadaan pasar yang layaknya selalu ramai menjadi salah satu tempat yang berpotensi daerah Pandemi penyebaran virus Corona.

 

Di tengah pemberlakuan new normal, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Muarojambi bersama beberapa instansi lainnya yang tergabung dalam tim gugus tugas penanganan Corona Muarojambi sidak di sana.

 

Pantauan di lokasi, terpampang tulisan “Kawasan Wajib Masker” di pintu masuk menuju ke pasar. Para petugas mulai dari BPBD hingga petugas kesehatan berjaga di sana. Setiap pengunjung yang masuk ke pasar diperiksa suhu tubuhnya.

 

“Kegiatan pengawasan standar kesehatan di pasar Sengeti. Kegiatan ini akan rutin kita lakukan, untuk mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan menuju new normal,” kata Kepala Pelaksana BPBD Muarojambi M

Zakir Senin (8/6/20).

 

Kata Zakir, jika ada pengunjung atau pedagang yang ditemukan suhu tubuhnya panas melebihi standart maka dipinta untuk putar balik dan isolasi mandiri di rumah.

 

“Jika demam kita suruh putar balik dan sebaiknya isolasi mandiri di rumah. Jika tidak mau akan kita beri pilihan untuk isolasi di rumah sakit Ahmad Ripin,” kata Zakir.

 

Kata Zakir, selain diperiksa suhu tubuhnya, pengunjung atau pembeli serta pedagang di sana juga wajib menggunakan masker. Bagi yang kedapatan tidak menggunakan masker maka akan diberikan masker.

 

“Disuruh beli dan wajib pakai masker, jika persediaan kita masih ada kita berikan maskernya,” kata dia.

 

Saat berbelanja di pasar tersebut, pembeli maupun pedagang harus mematuhi aturan jaga jarak sebagai kunci menekan penyebaran virus Corona. Pemerintah tak ingin dengan pemberlakuan new normal ini nantinya, jumlah penyebaran Corona justru semakin tak terkendali.

Baca Juga:  Muarojambi Bersiap Terapkan Regulasi New Normal

 

“Tentu keinginan kita semua kegiatan ekonomi tetap berjalan seiring dengan penyebaran virus Corona yang bisa ditekan. Tentu kuncinya kita harus menjaga jarak fisik dan tugas kami memastikan protokol kesehatan tersebut berjalan sesuai aturan, terutama di wilayah kerumunan massa seperti di pasar ini,” kata Zakir.

 

Tentunya Zakir juga berharap masyarakat bisa bekerja sama mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

 

“Selalu gunakan masker, jaga jarak fisik dan rajin mencuci tangan. Mari kita patuhi bersama agar kesehatan kita terjaga dari virus Corona yang saat ini sudah menjadi Pandemi,” kata Zakir.(aq)

Komentar